let’s make something together

Give us a call or drop by anytime, we endeavour to answer all enquiries within 24 hours on business days.

Find us

ARTECH SPACE 4th Floor
Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Email us

[email protected]

Phone support

Phone: + (62) 8174 119 229

Analisis Biaya Pembuatan Aplikasi Mobile: Faktor, Perhitungan, dan Standar Harga

  • By admin
  • March 16, 2024
  • 67 Views

Pada era digital saat ini, aplikasi mobile telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Baik itu untuk kepentingan pribadi, hobi, atau bisnis, aplikasi mobile memberikan kemudahan dan efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi mobile? Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang biaya pembuatan aplikasi mobile, faktor yang mempengaruhi, hingga perhitungannya.

Meninjau Pertumbuhan Pengguna Aplikasi Mobile

Dengan peningkatan penggunaan smartphone yang mencapai lebih dari 70 persen dari populasi global, tidak heran jika bisnis dan perusahaan berlomba-lomba untuk mengkonversi situs web mereka menjadi aplikasi mobile. Baik itu berbasis Android atau iOS, aplikasi mobile menjadi platform yang efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

Faktor Penentu Biaya Pembuatan Aplikasi

Biaya pembuatan aplikasi sangat bervariasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan aplikasi antara lain:

  1. Jumlah dan Kompleksitas Fitur
    Semakin banyak dan kompleks fitur yang diminta, semakin banyak waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan, sehingga biayanya akan semakin tinggi.
  2. Desain Aplikasi
    Desain aplikasi yang menarik dan user-friendly membutuhkan keahlian khusus dan waktu yang lebih lama, sehingga biayanya bisa lebih mahal.
  3. Platform Aplikasi
    Pembuatan aplikasi untuk Android dan iOS biasanya membutuhkan biaya yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan dalam pengembangan aplikasi, tools yang digunakan, dan biaya pendaftaran di marketplace.
  4. Biaya Operasional dan Pemeliharaan
    Setelah aplikasi selesai dibuat dan dirilis, masih ada biaya untuk pemeliharaan dan pengembangan lebih lanjut.

 

“Pembuatan aplikasi mobile adalah investasi jangka panjang yang membutuhkan perencanaan, kerja keras, dan tentu saja, biaya. Jadi, pastikan Anda siap untuk berinvestasi sebelum memutuskan untuk membuat aplikasi.”

 

Perkiraan Biaya Pembuatan Aplikasi Berdasarkan Konten

Biaya pembuatan aplikasi mobile juga bisa diperkirakan berdasarkan konten aplikasi. Misalnya, aplikasi dengan sistem keranjang belanja membutuhkan biaya sekitar Rp 5 juta hingga Rp 150 juta. Sementara itu, aplikasi dengan konten game bisa memerlukan biaya hingga Rp 1 miliar.

Perhitungan Biaya Pembuatan Aplikasi

Dalam pembuatan aplikasi, biasanya digunakan sistem man month dan perhitungan jumlah pekerja serta waktu pengerjaan. Jadi, semakin banyak jam kerja yang dibutuhkan, maka biaya pembuatan aplikasi akan semakin besar.

Biaya Tak Terduga dalam Pembuatan Aplikasi

Selain biaya yang sudah direncanakan, ada juga biaya tak terduga dalam pembuatan aplikasi. Misalnya, biaya pengaturan domain, biaya pendaftaran di marketplace, dan biaya lain yang mungkin muncul selama proses pengembangan aplikasi.

Kesimpulan

Pembuatan aplikasi mobile memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, dengan perencanaan yang matang dan pemilihan tim pengembang yang tepat, Anda bisa mendapatkan aplikasi berkualitas dengan biaya yang sesuai. Jadi, sebelum memutuskan untuk membuat aplikasi, pastikan Anda sudah mempertimbangkan semua faktor dan melakukan perhitungan biaya yang matang.

Mengapa Memilih Mediatechindo sebagai Partner Teknologi Anda?

Mediatechindo adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjadi partner teknologi Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Mediatechindo :

  • Tim Profesional: Mediatechindo memiliki berbagai staf ahli di berbagai bidang, siap untuk memenuhi kebutuhan digital perusahaan Anda.
  • Beragam Layanan: Mediatechindo menawarkan beragam layanan, termasuk Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga WordPress & Plugin Development.
  • Model Kerjasama yang Fleksibel: Mediatechindo menawarkan berbagai model kerjasama, seperti Outsourcing dan Project-based, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Kepercayaan Perusahaan Besar: Mediatechindo telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, seperti Telkom, Angkasa Pura, Astra, Jasa Raharja, Adaro Mining, Transmedia dan lainnya, untuk kebutuhan digitalisasi mereka.

Dengan bantuan Mediatechindo, Anda dapat memastikan pengembangan perangkat lunak yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.