let’s make something together

Give us a call or drop by anytime, we endeavour to answer all enquiries within 24 hours on business days.

Find us

ARTECH SPACE 4th Floor
Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Email us

[email protected]

Phone support

Phone: + (62) 8174 119 229

Memahami IT Outsourcing: Keuntungan dan Tantangan yang Mungkin Dihadapi

  • By admin
  • October 16, 2023
  • 150 Views

IT Outsourcing atau outsourcing pengembangan perangkat lunak telah menjadi strategi unggulan yang semakin populer di kalangan perusahaan di Indonesia. Dalam era digital yang terus berkembang, perusahaan cenderung memanfaatkan layanan penyedia spesialis untuk mengoptimalkan efisiensi operasional mereka dan fokus pada bisnis inti mereka. Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai IT Outsourcing, keuntungannya, serta tantangan yang mungkin dihadapi.

Apa Itu IT Outsourcing?

IT Outsourcing, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan pengalihan daya teknologi informasi, adalah praktik di mana perusahaan menggunakan sumber daya IT eksternal untuk mendukung berbagai aktivitasnya. Secara umum, layanan ini mencakup beberapa hal, seperti:

  1. Dukungan teknis (Technical support)
  2. Pengembangan database
  3. Infrastruktur IT
  4. Pengembangan hosting atau situs web
  5. Pengembangan aplikasi dan perangkat lunak

 

Keuntungan Menggunakan Jasa IT Outsourcing

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan jika menggunakan jasa IT Outsourcing:

1. Penghematan Biaya Pelatihan

Salah satu keuntungan utama menggunakan layanan IT Outsourcing adalah penghematan biaya pelatihan. Tenaga IT yang disediakan oleh penyedia jasa outsourcing biasanya sudah siap kerja dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni.

2. Efisiensi Proses Rekruitmen

Dengan menggunakan layanan IT Outsourcing, proses rekruitmen yang biasanya memakan waktu dan biaya cukup besar bisa dihemat. Pasalnya, proses tersebut menjadi tanggung jawab penyedia layanan IT Outsourcing.

3. Pembagian Risiko Usaha

Tenaga IT outsourcing yang digunakan oleh perusahaan akan menjadi tanggung jawab dari penyedia jasa outsourcing. Dengan demikian, perusahaan bisa membagi risiko usaha yang ada.

4. Fokus pada Pengembangan Bisnis

Dengan memanfaatkan layanan IT Outsourcing, perusahaan bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis. Selain itu, target perusahaan pun bisa tercapai dengan hasil yang lebih maksimal.

Tantangan yang Mungkin Dihadapi Perusahaan

Meskipun memiliki beragam keuntungan, penggunaan IT Outsourcing bagi perusahaan juga memiliki kendala yang mungkin dihadapi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kebutuhan Tenaga IT Jangka Pendek

Jika perusahaan hanya memerlukan tenaga IT untuk jangka yang cenderung pendek, mereka mungkin akan menemui kesulitan dalam mendapatkan tenaga tersebut. Pasalnya, penyedia layanan outsourcing biasanya memiliki jangka kontrak minimal untuk tenaga outsourcing yang mereka miliki.

2. Tren Teknologi yang Berubah Cepat

Tren teknologi saat ini berubah dengan sangat cepat. Hal ini tentu memerlukan penyesuaian yang cepat pula. Walau tenaga IT Outsourcing biasanya sudah siap kerja dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, perusahaan tetap harus memberikan pelatihan pada mereka jika tren teknologi berubah.

3. Kesulitan dalam Mengenalkan Produk ke Pasar

Saat perusahaan mengalami kesulitan dalam mempercepattime to market, layanan IT Outsourcing menjadi solusi yang dapat membantu perusahaan mempercepattime to market dengan ditangani oleh tenaga profesional dan berpengalaman.

4. Tertundanya Proyek karena Skill Gap

Skill gap atau kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki seorang karyawan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan bisa menjadi kendala jika perusahaan tidak menggunakan layanan IT Outsourcing. Dengan layanan ini, perusahaan tidak perlu lagi bersusah payah mencari karyawan dengan keahlian yang sesuai kebutuhan.

Memilih Penyedia Layanan IT Outsourcing

Ketika memilih penyedia layanan IT Outsourcing, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Track Record yang Baik

Penyedia layanan IT Outsourcing yang baik biasanya memiliki track record yang baik pula. Hal ini bisa dilihat dari testimonial atau review dari klien sebelumnya.

2. Tenaga Ahli

Pastikan bahwa penyedia layanan IT Outsourcing memiliki tenaga ahli yang kompeten di bidangnya. Ini bisa dilihat dari sertifikasi atau pengalaman kerja yang dimiliki.

3. Teknologi dan Layanan yang Disediakan

Periksa juga teknologi dan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan IT Outsourcing. Pastikan bahwa teknologi dan layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Cara Menggunakan Jasa IT Outsourcing

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menggunakan jasa IT Outsourcing:

1. Mulailah dari Proyek Kecil

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan IT Outsourcing untuk proyek besar, sebaiknya mulailah dari proyek kecil terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa melihat bagaimana kinerja penyedia layanan tersebut.

2. Buat Jadwal Komunikasi dan Updating

Komunikasi yang baik antara perusahaan dan penyedia layanan IT Outsourcing sangat penting. Oleh karena itu, buatlah jadwal komunikasi dan updating secara rutin.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pastikan bahwa layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan IT Outsourcing sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika perlu, lakukanlah negosiasi.

4. Jangan Berasumsi

Jangan berasumsi bahwa penyedia layanan IT Outsourcing akan memahami semua kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, jelaskanlah secara detail apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh IT Outsourcing

Berikut ini adalah beberapa contoh IT Outsourcing yang bisa dijadikan referensi:

1. E-Outsourcing

E-Outsourcing adalah model layanan IT Outsourcing yang berfokus pada penggunaan teknologi internet. Dengan model ini, perusahaan bisa mendapatkan akses ke berbagai layanan IT secara online.

2. Penyedia Layanan Aplikasi (ASP)

Penyedia Layanan Aplikasi (ASP) adalah model layanan IT Outsourcing yang berfokus pada pengadaan dan pengelolaan aplikasi atau perangkat lunak untuk perusahaan.

3. Cloud Computing

Cloud Computing adalah model layanan IT Outsourcing yang berfokus pada penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud. Dengan model ini, perusahaan bisa mendapatkan akses ke berbagai sumber daya IT seperti server, storage, dan jaringan secara online.

Keunggulan Layanan IT Outsourcing dari Perusahaan Berbasis Teknologi

Perusahaan berbasis teknologi biasanya memiliki keunggulan dalam menyediakan layanan IT Outsourcing. Keunggulan ini antara lain mencakup penggunaan teknologi terbaru, tenaga ahli yang berpengalaman dan kompeten, serta fleksibilitas layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, perusahaan berbasis teknologi biasanya juga memiliki database yang terspesialisasi di bidang IT. Hal ini tentu sangat membantu perusahaan dalam mencari tenaga IT yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

IT Outsourcing adalah solusi yang bisa dipertimbangkan oleh perusahaan untuk mendapatkan dukungan kinerja yang optimal. Meskipun ada beberapa kendala yang mungkin dihadapi, namun dengan pemilihan penyedia layanan yang tepat, manfaat yang didapatkan bisa jauh lebih besar.

 

Mengapa Memilih Mediatechindo sebagai Partner Teknologi Anda?

Mediatechindo adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjadi partner teknologi Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Mediatechindo :

  • Tim Profesional: Mediatechindo memiliki berbagai staf ahli di berbagai bidang, siap untuk memenuhi kebutuhan digital perusahaan Anda.
  • Beragam Layanan: Mediatechindo menawarkan beragam layanan, termasuk Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga WordPress & Plugin Development.
  • Model Kerjasama yang Fleksibel: Mediatechindo menawarkan berbagai model kerjasama, seperti Outsourcing dan Project-based, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Kepercayaan Perusahaan Besar: Mediatechindo telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, seperti Telkom, Angkasa Pura, Astra, Jasa Raharja, Adaro Mining, Transmedia dan lainnya, untuk kebutuhan digitalisasi mereka.

Dengan bantuan Mediatechindo, Anda dapat memastikan pengembangan perangkat lunak yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.