let’s make something together

Give us a call or drop by anytime, we endeavour to answer all enquiries within 24 hours on business days.

Find us

ARTECH SPACE 4th Floor
Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Email us

[email protected]

Phone support

Phone: + (62) 8174 119 229

,

Panduan Lengkap Strategi Pemasaran Aplikasi Mobile di Indonesia

  • By admin
  • October 19, 2023
  • 331 Views

Dalam era digital saat ini, perangkat mobile seperti smartphone dan tablet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Menurut data dari We Are Social, 98,3% dari pengguna internet di Indonesia mengakses internet menggunakan mobile phone. Berdasarkan fakta tersebut, tidak heran jika mobile marketing menjadi strategi yang sangat efektif untuk mencapai target audiens secara efektif. Berikut adalah panduan lengkap tentang strategi pemasaran aplikasi mobile di Indonesia.

Mengenal Mobile Marketing

Pemasaran mobile, atau lebih dikenal dengan istilah mobile marketing, adalah strategi pemasaran yang dirancang khusus untuk ditampilkan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Dengan strategi ini, bisnis dapat menjangkau audiens yang menggunakan perangkat mobile mereka sebagai saluran utama komunikasi dan akses internet.

Dalam bisnis,mobile marketing memiliki peran yang semakin penting karena perangkat seluler telah menjadi salah satu sarana utama bagi konsumen untuk berinteraksi dengan dunia digital. Mobile marketing juga menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan bentuk pemasaran tradisional, termasuk kemampuan untuk menargetkan demografi tertentu, memberikan konten yang dipersonalisasi, dan mencapai lebih banyak konsumen.

Manfaat Mobile Marketing

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan strategi mobile marketing:

1. Jangkauan Luas

Dengan penetrasi perangkat mobile yang tinggi, strategimobile marketing memberikan kesempatan bagi bisnis untuk menjangkau lebih banyak konsumen potensial.

2. Keterlibatan Tinggi

Perangkat mobile merupakan alat pribadi yang selalu ada dalam genggaman penggunanya. Dengan strategimobile marketing, bisnis dapat menciptakan keterlibatan yang lebih tinggi dengan pengguna.

3. Integrasi dengan Media Lain

Strategimobile marketing dapat diintegrasikan dengan media pemasaran lainnya, seperti media sosial, iklan online, atau email marketing. Dengan menghubungkan berbagai media pemasaran ini, bisnis dapat memperkuat pesan mereka, meningkatkan kesadaran merek, dan memperluas cakupan kampanye pemasaran.

4. Personalisasi dan Kustomisasi

Dengan adanya data pengguna, bisnis dapat menyajikan konten pemasaran yang lebih personal dan disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan konsumen.

5. Targeting yang Tepat

Mobile marketing memungkinkan bisnis untuk mengumpulkan data pengguna, seperti preferensi, lokasi, dan perilaku. Dengan informasi ini, pelaku bisnis dapat melakukan penargetan yang lebih tepat dan mengirimkan pesan yang relevan kepada target audiens mereka.

Strategi Mobile Marketing

Berikut ini adalah beberapa strategi mobile marketing yang bisa diterapkan:

1. Membuat Situs Web yang Responsif

Langkah pertama dalam strategi mobile marketing adalah memiliki situs web yang responsif. Situs web yang responsif adalah situs yang dapat menyesuaikan tampilannya secara otomatis sesuai dengan perangkat yang digunakan pengguna, baik itu desktop, smartphone, atau tablet.

2. Optimasi SEO untuk Mobile

Optimasi SEO untuk mobile berfokus pada meningkatkan peringkat situs web pada hasil pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile. Peringkat SEO yang baik dapat membantu bisnis muncul di hasil pencarian dan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web.

3. Konten yang Mobile-Friendly dan Dipersonalisasi

Konten juga harus disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna perangkat seluler. Buatlah konten khusus yang sesuai untuk para pengguna seluler. Gunakan format mobile-friendly seperti video pendek, infografis, dan konten ringan yang mudah diakses di perangkat seluler.

4. Pengembangan Aplikasi Mobile

Pengembangan aplikasi mobile juga merupakan bagian penting dari strategi mobile marketing. Aplikasi mobile bisa menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengguna, seperti mendapatkan notifikasi langsung tentang produk atau layanan dan bisa meningkatkan keterlibatan serta loyalitas pelanggan.

Merancang Strategi Pemasaran Aplikasi Mobile

Dalam merancang strategi pemasaran aplikasi mobile, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Mengenal Target Audiens

Sebelum merancang strategi pemasaran, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal target audiens. Dengan mengetahui karakteristik dan kebiasaan target audiens, kita bisa merancang strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar merupakan langkah penting untuk memahami kondisi pasar, melihat apa yang sudah berhasil dilakukan oleh kompetitor, dan menemukan peluang yang bisa dimanfaatkan. Hasil riset pasar ini bisa digunakan sebagai acuan dalam merancang strategi pemasaran aplikasi mobile.

3. Menentukan Tujuan dan KPI

Setiap strategi pemasaran harus memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini nantinya akan dijadikan acuan dalam menentukan KPI (Key Performance Indicator) atau indikator keberhasilan dari strategi pemasaran tersebut. Beberapa KPI yang sering digunakan dalam mobile marketing antara lain jumlah pengguna aktif, biaya per akuisisi, tingkat konversi, dan tingkat retensi pengguna.

4. Membuat Konten yang Menarik

Konten merupakan elemen penting dalam strategi pemasaran aplikasi mobile. Konten yang menarik dan relevan dengan target audiens bisa meningkatkan keterlibatan pengguna dan mempengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Penerapan Strategi Mobile Marketing

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menerapkan strategi mobile marketing:

1. Membangun Strategi Berbasis Aplikasi Mobile

Strategi pemasaran berbasis aplikasi mobile mencakup promosi di dalam aplikasi yang telah diunduh oleh pengguna. Dengan strategi ini, pengguna bisa mendapatkan informasi atau penawaran langsung dari aplikasi yang mereka gunakan.

2. Mengoptimalkan Aplikasi untuk App Store

Proses optimasi aplikasi untuk App Store dan Google Play Store, atau yang dikenal dengan App Store Optimization (ASO), merupakan bagian penting dari strategimobile marketing. Dengan ASO, aplikasi bisa mendapatkan visibilitas yang lebih tinggi di App Store dan Google Play Store, yang pada akhirnya bisa meningkatkan jumlah instalasi aplikasi.

3. Membuat Iklan yang Menarik

Iklan yang menarik bisa meningkatkan tingkat konversi dari strategi mobile marketing. Dalam membuat iklan, pastikan untuk menggunakan elemen visual yang menarik dan pesan yang jelas dan mudah dimengerti.

4. Menggunakan Teknologi Terkini

Penggunaan teknologi terkini seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI) bisa meningkatkan efektivitas strategimobile marketing. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih interaktif dan menarik.

5. Melakukan Evaluasi dan Optimalisasi

Setelah strategi mobile marketing dijalankan, lakukan evaluasi untuk melihat apakah tujuan dan KPI yang telah ditentukan sebelumnya telah tercapai. Jika belum, lakukan optimalisasi untuk meningkatkan kinerja strategi pemasaran.

Kesimpulan

Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target audiens di era digital saat ini. Dengan strategi ini, bisnis bisa menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan memperluas cakupan kampanye pemasaran. Untuk berhasil dalam mobile marketing, diperlukan pemahaman yang baik tentang target audiens, riset pasar yang mendalam, dan penentuan tujuan dan KPI yang jelas. Selain itu, konten yang menarik dan penggunaan teknologi terkini juga bisa meningkatkan efektivitas strategi mobile marketing.

Mengapa Memilih Mediatechindo sebagai Partner Teknologi Anda?

Mediatechindo adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjadi partner teknologi Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Mediatechindo :

  • Tim Profesional: Mediatechindo memiliki berbagai staf ahli di berbagai bidang, siap untuk memenuhi kebutuhan digital perusahaan Anda.
  • Beragam Layanan: Mediatechindo menawarkan beragam layanan, termasuk Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga WordPress & Plugin Development.
  • Model Kerjasama yang Fleksibel: Mediatechindo menawarkan berbagai model kerjasama, seperti Outsourcing dan Project-based, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Kepercayaan Perusahaan Besar: Mediatechindo telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, seperti Telkom, Angkasa Pura, Astra, Jasa Raharja, Adaro Mining, Transmedia dan lainnya, untuk kebutuhan digitalisasi mereka.

Dengan bantuan Mediatechindo, Anda dapat memastikan pembuatan aplikasi mobile yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.